Hati-Hati Flashdisk Palsu Tidak Sesuai Dengan Kapasitasnya

Sudah cukup lama blog ini terbengkalai karena kesibukan, tetapi malam ini aku tergelitik untuk sedikit menulis lagi. Kepenginnya sih berbagi informasi yang mudah-mudahan bisa berguna bagi yang membaca. Yah... paling tidak tulisan dengan tema lain di tengah-tengah semakin memanasnya politik jelang pemilihan Presiden. Kan lama-lama jenuh juga membaca segala macam bentuk "black campaign" atau "negative campaign" di media-media internet.


Flashdisk Kapasitas Besar
Tulisan ini sekedar berbagi pengalaman tentang media penyimpanan yang sangat populer saat ini yaitu flashdisk. Media penyimpanan ini sekarang hadir dengan kapasitas yang demikian besar bahkan sampai dengan 64gb. Sungguh begitu mengiurkan. Kapasitas penyimpanan yang sedemikian besar dengan media yang relatif kecil tentu akan sangat menyenangkan. Terbayang apa saja yang bisa kita simpan dalam media tersebut dari mulai file-file pekerjaan sampai dengan media hiburan seperti musik dan film. Semuanya bisa masuk dalam sebuah media penyimpanan yang besarnya cuma sebesar jari kelingking. Tetapi hati-hati dengan flashdisk kapasitas besar dengan harga yang sangat miring. Bisa-bisa yang kita beli itu adalah flashdisk palsu alias "KW" yang kualitasnya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Akhir pekan lalu sengaja aku mampir ke salah satu Mall di daerah Pasteur Bandung. Memang sudah niatan mau mencari flashdisk dengan kapasitas besar. Rencananya sih pengin memindahkan file-file foto dan video yang sudah cukup menuh-menuhin hard disk. Kalau sudah pakai flashdisk kan gampang kalau mau sewaktu-waktu ingin melihat-lihatnya lagi. Tinggal colokin saja flashdisk tersebut ke "player" atau TV maka semuanya bisa terpampang di depan mata. Setelah ketemu yang cocok maka aku pulang dengan membawa flashdisk merk Toshiba kapasitas 32gb seharga 250 ribu perak.

Sampai di rumah langsung saja flashdisk tersebut dijejali dengan file-file dari laptop sampai "muntah-muntah" (maksudnya sampai penuh... :-D ). Lumayan lama lho.... Sampai selesai ter-copy memerlukan waktu lebih dari 30 menit. Setelah selesai flashdisk dicabut dengan prosedur yang benar tentunya dan siap dicoba untuk dimainkan di TV. Nah.... di sinilah masalah mulai timbul, flashdisk tersebut bisa terdeteksi, tetapi folder-folder di dalamnya sebagian besar KOSONG. Hal pertama yang terpikirkan adalah VIRUS. Ingat jaman kejayaan Virus Brontok yang mampu menghilangkan file-file dalam flashdisk kan?... Tentu saja hal yang pertama aku akukan adalah mengecek flashdisk tersebut, jangan-jangan ada file yang di-hidden oleh virus. Tetapi setelah dicek dengan membuka option dalam windows explorer agar file hidden muncul ternyata tidak menampakkan hasil. Coba lagi dengan perintah DOS command prompt yang katanya sangat sakti yaitu : attrib -S _H /S /D * tidak juga membuahkan hasil. Mungkinkah ini virus baru? Untuk meyakinkan apakah ini virus, maka aku coba gunakan tiga antivrus sekaligus yaitu SMADAV, NORTON dan AVG. Semuanya CLEAR. Tidak ada virus baik di laptop ataupun flashdisk. Setelah yakin tidak ada virus yang menggerogoti, tentunya dugaan selanjutnya adalah kemungkinan besar flashdisk yang dibeli rusak. Prosedur untuk mengecek kerusakan flashdisk segera dilakukan dari mulai aplikasi asli bawaan windows ataupun DOS yaitu CHKDSK sampai Low Level Format. Semuanya berakhir pada kesimpulan flashdisk tersebut baik-baik saja. 

Nah... bingung kan. Karena penasaran aku coba kembali beli flashdisk baru. Kali ini di seputaran Kota Cimahi. Ini yang bikin kaget, flashdisk merk Kingstone 32gb cuma dijual dengan harga 75 ribu perak dan untuk kapasitas 64gb dengan merk yang sama dijual dengan harga 85 ribu perak. Wah, ya nanggung sekalian beli yang 64gb saja. Tentu saja sempat terpikir bahwa dengan harga yang lebih murah tentu hasilnya pasti lebih tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dan ternyata memang benar seperti itu. Dengan sabar satu persatu aku cari forum-forum di internet yang membahas permasalahan yang mirip dengan yang aku alami. Ada salah satu forum yang mungkin tepat untuk menjawab permasalahan tersebut. Kemungkinan besar flashdisk yang aku beli adalah palsu bin abal-abal. Flashdisk tersebut terbaca mempunyai kapasitas sampai dengan 64gb tetapi sesungguhnya kapasitasnya adalah 4gb. Sehingga ketika menyimpan file lebih besar dari 4gb maka setelah dicabut flashdisk tersebut hanya dapat menyimpan file-file pertama yang dicopy sampai maksimal 4gb, file-file selanjutnya hilang hanya meninggalkan jejak folder-folder kosong saja.

Ada satu software yang dapat digunakan untuk mengecek kapasitas sesungguhnya dari flasdisk tersebut yaitu H2TESTW. Ini sudah coba aku lakukan, dan hasilnya seperti gambar yang ada di bawah ini. Flashdisk Toshiba palsu yang aku beli ternyata kapasitasnya cuma 3,5gb padahal seharusnya 32gb. Untuk Kingstone tidak perlu ditest lagi karena yang hanrganya 250 ribu saja palsu apalagi yang cuma 85 ribu. Dan untuk mengetest perlu kesabaran karena memerlukan waktu lebih dari satu jam.


Hasil Test Flasdisk 32gb

Pengalaman ini dapat menjadi pelajaran agar kita berhati-hati dalam membeli flashdisk. Tanyakan garansi flashdisk tersebut sehingga kita bisa sewaktu-waktu dapat meminta gantinya. Tetapi biasanya sih walaupun sudah diganti dengan flashdisk baru hasilnya akan sama saja, karena si penjual hanya punya flashdisk yang merek KW tadi. Jangankan yang murah yang mahal saja bisa jadi adalah barang palsu juga. Jadi telitilah sebelum membeli.

Keywords : masalah flashdisk; flashdisk tidak bisa mengcopy; kapasitas flashdisk; gagal copy; flashdisk rusak; flashdik palsu; cara memperbaiki flashdisk; virus flashdisk
Share:

39 komentar:

  1. memang banyak yang palsu..... hati-hati membeli...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah Kang, disitu cm kena 250Rb, saya jebol ampe 750Rb gara2 Flasdisk 1 TB palsu.
    Skedar sharring pengalaman aja, Kalo ada yang niat beli Flash berkapasitas besar, meing langsung situs resmi dr vendornya, dan kalo nemu orang yg jual flasdisk 1 TB Merk "Flash" seharga 750 Rb, tolong jutakin kepalanya bwt ane.. :)

    BalasHapus
  3. wahh... ternyata ini jawaban nya ! istri ane jg beli
    fdisk merk Toshiba 64gb, tp setelah copy file dari kompi kantor nya utk di pindahin ke laptop di rmh, isi nya cuma file" foto (.jpg) doank..! file video, mp3, dll gak ketemu..!!!

    BalasHapus
  4. Aku malah beli FD Toshiba 64GB cuma sharga 50rb,, tp emg aku pengen beli sih.. bukan krna di tipu
    Tapi hasilnya emg mengecewakan gan

    BalasHapus
  5. Sialan. Aq bz beli 64gb jg sama ... Sangat mengecewakan gan.

    BalasHapus
  6. Waduh... untung baca artikel ini, masa ada flasdisk 64Gb di bukalapak sama tokopedia 45rb...ketauan palsu ya,

    BalasHapus
  7. Aku baru beli Toshiba 64g, kagak bisa diformat. Bukalapak jual barang palsu. Hati2 bro

    BalasHapus
  8. anjrit hampir aj gw bli,padahal sdah liat"in yg bgus dan murah,untung ad artikel ini<thanks iformasi brhaga.a gan

    BalasHapus
  9. Biarin, ga bakalan Berkah nipu2 gitu mah. itulah omongan orang yng baru tertipu.

    BalasHapus
  10. Wah hampir aj saya mau beli toshiba 64 70rb. Tapi yg jualan jujur kok, dia bilang flashdisknya "KW" jadi saya sempet berfikir 2x untuk belinya. Nice info gan

    BalasHapus
  11. Bener² saya jg jadi korbannya. Saya beli sampai 50 buah karena banyak teman yg ikut beli...., semuanya jadi korban flaskdisk bodong; pantas 64gb harga cuma 55rb. Ini namanya kena tipu berjamaah...

    BalasHapus
  12. wah senasib, saya malah lebih sayang sama file yg rusak :D

    BalasHapus
  13. Makanya beli nya jangan ngawur asal percaya mahal pasti asli, sedikit tips aja beli secara online dari situs luar negeri sob, ane aja dpt Kingston’s DataTraveler® 100 G3 (DT100G3) asli seharga cm $ 5,5 (sekitar 75an ribu)

    BalasHapus
  14. Pengalaman penulis sama persis dengan yang saya alami, saya ketipu beli flashdisk merk TOSHIBA 32GB warna putih (sama persis seperti gambar di atas) seharga 90rb. Saat ditukar ke penjual hasilnya sama mengecewakan, jadi intinya jangan beli jika penampakkan flashdisknya sama persis seperti gambar diatas, dijamin pasti palsu. Terima kasih buat penulis yang sudah berbagi pengalamannya... :)

    BalasHapus
  15. itu hal biasa yg terjadi di Indonesia kita....
    bangsa kita ini hampir 75% adalah BANGSA YG TEGA MENGHANCURKAN SAUDARANYA SENDIRI....
    YANG KAYA MAKIN GILA DGN KEKAYAANYA... YG PINTER MAKIN BRUTAL MEMBODOHI YANG LUGU....
    HATI2 BRO&SIS SEMUA...

    BalasHapus
  16. Sueeeee....64 gb cm bs keisi 8gb...tp lumayanlah msh bs nyimpen 8 gb

    BalasHapus
  17. Sueeeee....64 gb cm bs keisi 8gb...tp lumayanlah msh bs nyimpen 8 gb

    BalasHapus
  18. njir file ane rusak gara" si kw 64....

    BalasHapus
  19. Gw baru beli toshiba 32Gb dg harga 50rb. Baru hari ini gw pake buat nyimpen data. Ternyata pas dibuka isi folder tulisan romawi gitu.
    Kirain virus, hampir sama kaya yg author tulis. Setelah baca blog ini, ternyata nasib gw sama kaya author T_T
    gw kena T-I-P-U!! Nangis guling2 gw

    BalasHapus
  20. http://www.lazada.co.id/64gb-usb-20-metal-key-flash-memory-stick-pen-drive-thumb-diskblack-8986943.html
    yang ini murah gan, siapa mau coba beli, jangan lupa kasih review juga,

    BalasHapus
  21. memang sekarang sudah murah bos...., tapi harus jeli jangan merek asal-asalan, apalaagi merek thosiba dll, banyak barang kw biasa mafia cina yg ada di indonesia.
    dulu sekitar 1 thn yg lalu saya tertipu beli di tokopedia di toko bangbob kalau nggak salah... 2gb dan 4gb merek event sekitar 20pcs ternyata nyala lampu merah terang.. saya kira ya merek baru lagi promo ternyata palsu semua rugi dah... mau ngejual lagi ya saya nggak mau sama saja saya nipu lagi.
    tapi kemarin saya belanja sanddisk 8gb harga 40rb dan saya coba isi video dan mp3 sampai full saya setel di dvd bisa kebaca semua berarti asli karena kata penjual juga asli disertai dengan hologram di packingnya. sedangkan yg merek event yg dulu saya beli saya isi file kelihatan mengcopy sampai selesai eh ternyata setelah disetel cuma ada 22 lagu mp3 dan nama-nama foldernya doang.... padahal dulu saya beli yg 2gb sekitar 25rb, yg 4gb 40rb... tapi sayang penjual nggak jelasin itu barang kw-kw an cina peyang.
    mending beli v-gen saja cari dealernya yg terdekat, saya punya micro sd v-gen ya top jos buat nyetel musik seharian tiap hari masih ok saja udah lebih sari 1 thn.

    BalasHapus
  22. aku juga pernah ketipu sialan.

    BalasHapus
  23. Aduh ane juga senasib Bray,file file film bisa tercopy smua sampe 100% eh sialnya dibilang corrupt saat di play.. kampret banget, mana ane beli 4 biji tuh Toshiba 64gb..rencana mau jualan di kantor,eh malah apes.. ga mungkin ane jual lg,sama aje nipu.. dosa luh seller asu

    BalasHapus
  24. Sial gua ketipu..asle ngga akan berkah tuh duit hasil nipu, gua baru beli 32gb 2pcs 160rb, pas baca baca di website ternyata oh ternyanta..
    Manufacturer : Semiconductor Company,Toshiba Corporation

    T.T

    BalasHapus
  25. Ada yang tau flashdisk merk giga+ ??
    Itu awet nggak?

    BalasHapus
  26. Sy beli 2gb toshiba di seberang terminal bojonggede,tepatnya sebelah warung sayur mayur dan penitipan sepeda motor ada toko yg jual hp aksesorisnya dan servis. Habis 50 ribu flashdisk tidak kebaca

    BalasHapus
  27. di bukalapak/lazada 64 ada yang dijual 28rb...

    BalasHapus
  28. Saya lebih parah lg gan, saya beli fd merk samsung 128gb harga 80k ditokped, pas di test make h2testw hasilnya kapasitasnya cuma 450mb -_-

    BalasHapus
  29. Saya lebih parah lg gan, saya beli fd merk samsung 128gb harga 80k ditokped, pas di test make h2testw hasilnya kapasitasnya cuma 450mb -_-

    BalasHapus
  30. saya beli 8gb wuiii murah abies....ampe ketentuan beli harus 5 biji...gile gue beli 5 bj ternyata ...mantap hasilnya bener positif ancurrrrrrr......

    BalasHapus
  31. hmmmm baru semalam beli fd toshiba 64gb 70k di olx, ternyata file yang di simpen semua ngak bisa di baca semua kamprettttt dasar lemah, payah kayak pecun abis di pakai rame2..

    BalasHapus
  32. Tolong masukannya.
    Aku baru beberapa hari bli fD 64gb. Mau tanya, dpC sharusx trbaca berapa ya??
    Terimakasih, sblumnya.

    BalasHapus
  33. menjengkelkan semoga dikutuk si penjual nakal tersebut y gan... aminn wkwkwkw

    BalasHapus
  34. ngiler yg 1 tera gw di bukalapak 250k...tpi palsu gx ya???pengen gw uji dlu di tmpat bukalapaknya...

    BalasHapus
  35. Ane lebih sial, ane pesan 100 pcs toshiba 2gb, ternyata dan ternyata setelah barang sampai dan ane tes nyimpan data gak bisa. Ane cek kapasitasnya cuma 4,00 MB. Terkutuk yang jual tu

    BalasHapus
  36. Sveiki, ar ieškote skolų konsolidavimo paskolos, paskolų be užstato, paskolų verslui, hipotekos paskolos, paskolos automobiliui, paskolos studentams, asmeninės paskolos, rizikos kapitalo ir kt! Esu privatus skolintojas, suteikiu paskolas įmonėms ir asmenims su mažomis ir pagrįstomis 2% palūkanų normomis. El. paštu: christywalton355@gmail.com

    BalasHapus

Total Tayangan

Postingan Populer

Mini Set Top Box TV Digital

Set Alat Pel Lantai

HIJAB SEGITIGA INSTAN JERSEY

MY INSTAGRAM