• Selamat Datang

    Sepenggal obrolan, selembar catatan dalam blog ini semoga dapat menghangatkan suasana dan menambah erat persaudaraan.

  • Selamat Datang

    Sepenggal obrolan, selembar catatan dalam blog ini semoga dapat menghangatkan suasana dan menambah erat persaudaraan.

  • Selamat Datang

    Sepenggal obrolan, selembar catatan dalam blog ini semoga dapat menghangatkan suasana dan menambah erat persaudaraan.

  • Selamat Datang

    Sepenggal obrolan, selembar catatan dalam blog ini semoga dapat menghangatkan suasana dan menambah erat persaudaraan.

  • Selamat Datang

    Sepenggal obrolan, selembar catatan dalam blog ini semoga dapat menghangatkan suasana dan menambah erat persaudaraan.

Mengenal Net Zero Emissions (NZE): Menuju Masa Depan Berkelanjutan


Net Zero Emissions (NZE) adalah konsep yang semakin relevan dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim. Entah mengapa akhir-akhir ini NZE begitu mengusik pikiranku. Bagaimana tidak, beberapa program atau kegiatan di kantor bahkan meminta dalam proposal dihubungkan dengan NZE. Jadi, baiklah... Mari kita bahas lebih lanjut tentang NZE:

Pengertian NZE 

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), NZE adalah pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) mendekati nol, dengan sisa emisinya dapat diserap kembali dari atmosfer, misalnya oleh lautan dan hutan. Dengan kata lain, NZE adalah kondisi di mana emisi GRK yang dihasilkan manusia tidak lebih besar daripada jumlah yang dapat diserap oleh Bumi.

Roadmap Menuju NZE 

Laporan dari International Energy Agency (IEA) menyajikan roadmap untuk mencapai sistem energi net zero pada tahun 2050. Ini melibatkan penggunaan energi terbarukan, efisiensi, inovasi, dan perubahan perilaku. Dalam skenario NZE, emisi CO2 global mencapai nol pada tahun 2050, dengan negara maju mencapai net zero lebih awal.

Tantangan dan Peluang

  • Investasi Bersih: Untuk mencapai NZE, investasi energi bersih perlu meningkat tiga kali lipat menjadi sekitar $4 triliun per tahun pada 2030. Ini akan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi global.
  • Inovasi Teknologi: Sebagian besar pengurangan emisi hingga 2030 berasal dari teknologi yang sudah ada. Namun, hampir setengah pengurangan pada 2050 memerlukan teknologi yang saat ini masih dalam tahap demonstrasi atau prototipe.
  • Transisi dari Bahan Bakar Fosil: NZE berarti penurunan drastis dalam penggunaan batu bara, minyak, dan gas. Ini memerlukan langkah seperti menghentikan penjualan mobil bensin/diesel pada 2035 dan menghentikan pembangkit listrik berbahan bakar batu bara dan minyak tanpa penangkapan karbon pada 2040.

Kebijakan Net Zero Emission (NZE) tentu saja akan memiliki dampak signifikan pada sektor industri. Berikut adalah beberapa dampaknya:

Industri Batubara

  • Penurunan Permintaan: Konsumsi batubara secara global akan terus menurun dalam 30 tahun ke depan. Penurunan ini terutama terjadi di sektor pembangkit listrik dan industri.
  • Teknologi CCS/CCUS: Setelah tahun 2040, pemanfaatan batubara yang tersisa akan menggunakan teknologi Carbon Capture and Storage (CCS) untuk mengurangi emisi.

Penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT)

  • NZE mendorong peningkatan penggunaan energi terbarukan seperti surya, angin, dan hidro.
  • Industri perlu beradaptasi dengan teknologi EBT untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Efisiensi Energi

  • Industri harus meningkatkan efisiensi penggunaan energi untuk mencapai NZE.
  • Penggunaan teknologi canggih dan manajemen energi yang baik dapat membantu mengurangi emisi

Kebijakan NZE sudah mulai digaungkan. Dalam praktik Industripun sudah dikembangkan. Lantas bagaimana peran individu dalam pengembangan NZE ini? Individu memiliki peran penting dalam mencapai Net Zero Emission (NZE). Berikut beberapa cara individu untuk dapat berkontribusi:

Kurangi Jejak Karbon Pribadi

  • Transportasi: Gunakan transportasi berkelanjutan seperti sepeda, kendaraan listrik, atau carpool.
  • Konsumsi: Beli produk yang ramah lingkungan dan kurangi pemborosan.
  • Energi: Hemat energi dengan mematikan peralatan listrik saat tidak digunakan.

Dukung Energi Terbarukan

  • Pasang panel surya di rumah atau dukung program energi terbarukan di komunitas Anda.

Pendidikan dan Kesadaran

  • Pelajari lebih lanjut tentang NZE dan bagikan pengetahuan ini kepada orang lain.
  • Ajak teman dan keluarga untuk berpartisipasi dalam upaya NZE.

Dengan tindakan individu yang sadar lingkungan, kita dapat bersama-sama mencapai masa depan yang berkelanjutan.

Share:

Ice Breaking Online

Ice Breaking adalah padanan dua kata dari bahasa Inggris yang mengandung makna “memecah es”. Istilah ini sering dipakai dalam training dengan maksud menghilangkan kebekuan-kebekuan di antara peserta latihan, sehingga mereka saling mengenal, mengerti dan bisa saling berinteraksi dengan baik antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dimungkinkan karena perbedaan status, usia, pekerjaan, penghasilan, jabatan dan sebagainya akan menyebabkan terjadinya dinding pemisah antara peserta yang satu dengan yang lainnya. untuk melebur dinding-dinding penghambat tersebut, diperlukan sebuah proses ice breaking (duniapendidikan.co.id, 2021).


Mu’azarotul Husna (2018) dalam skripsinya menuliskan bahwa ada beberapa tujuan penggunaan ice breaker yaitu :

  • Menghilangkan sekat-sekat pembatas di antara siswa, dengan adanya selingan ice breaking dalam pembelajaran, sehingga tidak ada lagi anggapan si A pandai, si B bodoh dan lain sebagainya yang ada hanyalah kesamaan kesempatan untuk maju;
  • Terciptanya kondisi yang dinamis di antara siswa adalah menimbulkan kegairahan antara sesame siswa untuk melakukan aktivitas selama proses pembelajaran berlangsung.dan pemecah suasana canggung;
  • Menciptakan motivasi antara sesama siswa untuk melakukan aktivitas selama proses belajar-mengajar berlangsung;
  • Membuat peserta saling mengenal dan akan menghilangkan jarak mental sehingga suasana menjadi benar-benar rileks, cair dan mengalir;
  • Mengarahkan atau memfokuskan peserta pada topik pembahasan/pembicaraan.

Ice breaking dapat dilakukan dengan berbagai macam cara atau permainan. Menurut The Encyclopedia of Ice Breaker terbitan University associates Inc., bentuk ice breaking ada bermacam-macam, mulai dari sekadar teka-teki, cerita-cerita lucu atau humor ringan yang memancing senyum, lagu-lagu atau nyanyian yang disertai gerakan tubuh (action song), sampai permainan-permainan berkelompok yang cukup menguras tenaga atau bahkan pikiran. Selain itu dapat juga dilakukan dengan melakukan senam otak (brain gym).

Kemudian bagaimana jika Ice Breaking yang biasa disajikan dalam kelas klasikal diterapkan dalam pembelajaran online? Marilah kita simak penjelasannya dalam video berikut ini :


Demikian penjelasan tentang Ice Breaking Online. Mudah-mudahan bermanfaat dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Selamat mencoba!

Share:

Hati-Hati Flashdisk Palsu Tidak Sesuai Dengan Kapasitasnya

Sudah cukup lama blog ini terbengkalai karena kesibukan, tetapi malam ini aku tergelitik untuk sedikit menulis lagi. Kepenginnya sih berbagi informasi yang mudah-mudahan bisa berguna bagi yang membaca. Yah... paling tidak tulisan dengan tema lain di tengah-tengah semakin memanasnya politik jelang pemilihan Presiden. Kan lama-lama jenuh juga membaca segala macam bentuk "black campaign" atau "negative campaign" di media-media internet.


Flashdisk Kapasitas Besar
Share:

Spesialisasi Ilmu Penyebab Pola Pikir Yang Sempit

I. PENDAHULUAN
Dalam kehidupan saat ini terasa sekali adanya pengkotak-kotakan dalam berbagai sektor atau bidang kehidupan. Kotak-kotak itu bagaikan sekat-sekat yang membatasi bahwa setiap sektor atau bidang kehidupan merupakan satu keutuhan tersendiri, bahkan seperti tidak mempunyai relasi dengan sektor atau bidang kehidupan lain.


Share:

Yang Paling Banyak Dicari oleh Google


Sayup-sayup lagu "Another Day" sebuah  lagu lawas milik Dream Theater sedikit mengobati kekecewaanku. Malam ini semestinya aku mau nge-print agak banyak bahan perkuliahan untuk ujian hari Rabu depan. Tapi baru beberapa lembar tinta printer-ku sudah habis. Wah, kalau begini terus boros banget. Apalagi beasiswa yang ditunggu-tunggu belum kunjung cair juga. Lama-lama bisa tergoda pakai yang nggak "ori" nih.. hehehe...


Share:

Menumbuhkan Cinta Lingkungan di Taman Kupu-Kupu

Pernahkah kita berpikir bahwa selama ini kita sudah terlalu lama hidup di tengah-tengah hiruk-pikuknya kota? Sehari-hari kita selalu disibukkan oleh aktivitas pekerjaan dan kurang peduli dengan perkembangan anak kita sendiri. Mungkin sebagian orang berpikir praktis bahwa mencukupi kebutuhan anak dengan pendidikan di Sekolah adalah sudah cukup. Tetapi ternyata ada hal lain yang mungkin belum diperoleh oleh anak-anak di sekolah. Cobalah sekali waktu kita uji anak-anak untuk menyebutkan nama tumbuhan atau jenis binatang di alam yang jarang kita temui sehari-hari. Hampir bisa dipastikan sebagian besar tidak bisa mengenalinya. 


Share:

Mencari Buku Murah di Palasari Bandung

Bagi yang menyukai buku dan kebetulan ke Bandung, pasti akan mengenal sebuah tempat yaitu Palasari. Kenapa aku bilang bagi yang menyukai buku? Tentu saja karena Bandung identik dengan food  dan fashion. Orang pergi ke Bandung bukan untuk mencari buku tetapi lebih banyak untuk wisata kuliner ataupun shopping. Padahal di Bandung ada banyak sekali perguruan tinggi.  Jadi seharusnya Bandung identik juga dengan buku sebagai kota pelajar.
Kalau di Jakarta kita bisa datang ke sentra penjualan buku murah di Kwitang, Untuk di Yogyakarta bisa pergi ke Shopping Center.  Nah... Untuk Bandung ada juga pusat penjualan buku dengan harga miring, ya di Palasari ini tempatnya. Mau cari buku apapun ada di sini. Baik buku yang serius sampai yang ringan. Mau yang baru ataupun yang bekas. Mau yang asli ataupun bajakan. (Ssst… kalau yang terakhir ini kalau bisa jangan. Takut nggak berkah buat sekolah atau kuliah… :-) ) Kelebihan membeli buku di Palasari adalah harganya yang “miring”. Sebuah buku bisa dijual dengan diskon antara  25% - 35% . Tentu saja dengan begitu Palasari banyak diserbu oleh para pelajar ataupun mahasiswa yang rata-rata memiliki dana terbatas untuk membeli buku. 
Ketika aku pertama datang ke tempat ini, memang sudah terbayang suasananya. Tempat tersebut terdiri dari kios-kios buku kecil-kecil. Kalau kita lihat di bagian belakang memang ada beberapa kios atau toko yang lumayan besar. Kalau secara umum mungkin lebih luas lokasi Shopping Center di Jogja. Bukannya mau membandingkan sih. Tetapi karena memang lebih dulu  akrab, sebab sudah “kadung” dulu sempat  7 tahun numpang hidup di Jogja.


Hari itu kebetulan bersama seorang teman mencari buku karangan seorang Dosen Unpad. Pertama kali yang dituju adalah toko yang paling besar. Hmmm… betul-betul seperti memasuki gudang yang penuh buku. Bakalan bingung kalau harus mencari sendiri. Bagusnya toko tersebut sudah punya database-nya. Jadi tinggal searching di komputer bakalan ketemu, apakah bukunya ada atau tidak. 
Aku nggak punya waktu banyak, sehingga belum sempat berkeliling semua kios yang ada di sana. Banyak yang mau dicari, terutama buku-buku “lawas”. Buku-buku jaman dahulu yang sudah langka. Buku-buku ini yang sering disebut “harta karun” oleh para kolektor. Kapan-kapan aku mau balik lagi ke sana. Ada yang mau ikut?... Oh ya… hati-hati kalau menitipkan tas di toko buku, kartu-nya jangan sampai hilang… Bisa didenda lho… Rugi, jadi nggak terasa lagi diskonnya.. :-)
Share:

Hotel Transit Yang Murah di Bandara Soekarno Hatta

Selesai mengikuti rapat di daerah puncak, hari sudah menjelang Maghrib. Untuk yang berasal dari unit di luar Jawa seperti aku tentu perlu sedikit usaha untuk mendapatkan kendaraan ke Jakarta. Salah satu usaha yang paling gampang dilakukan adalah mencari tumpangan. Hiks... :-) Itulah enaknya kalau punya teman, rata-rata rekan yang dari Jakarta memang membawa kendaraan sendiri. Jadi cukup aman untuk sekedar dapat tumpangan. Tentunya yang namanya numpang, aku juga tidak mau menyusahkan orang yang ditumpangin dong. Aku minta diturunkan di tempat yang gampang untuk mencari taxi menuju ke bandara. 


Share:

Lukisan Digital

Pertama kali melihat contoh-contoh digital painting alias lukisan digital aku begitu terpesona. Bagaimana lukisan sebagus itu bisa dihasilkan dari komputer. Seberapa sulitkah pengerjaannya? Terlebih setelah kantor ternyata membeli 'wacom" dan peralatan  komputer lain yang cukup mendukung untuk dapat bermain lukisan digital di laboratorium.  Rasa penasaran itu semakin besar. Sayang karena kesibukan peralatan tersebut belum tersentuh hingga saat ini.

Angelina Jolie - From zonacharrua.com

Lukisan digital adalah bentuk seni yang muncul di mana teknik melukis tradisional seperti cat air, minyak , impasto , dan lain-lain akan diterapkan dengan menggunakan perangkat digital melalui sebuah komputer, sebuah tablet digitalisasi dan stylus, dan perangkat lunak. Lukisan digital berbeda dari bentuk-bentuk seni digital , khususnya yang dihasilkan seni komputer, dalam hal ini tidak melibatkan komputer rendering dari model. Seniman menggunakan teknik melukis untuk menciptakan lukisan digital secara langsung pada komputer. Semua program lukisan digital mencoba untuk meniru penggunaan media fisik melalui berbagai efek kuas cat. Termasuk dalam banyak program sapuan kuas digital untuk mewakili gaya tradisional seperti minyak, akrilik, pastel, media arang, pena dan bahkan seperti airbrushing. Ada juga efek-efek tertentu yang unik untuk setiap jenis cat digital yang menggambarkan efek realistis seperti menggunakan cat air. Dalam  program lukisan digital, pengguna dapat membuat sapuan kuas dengan gaya mereka sendiri menggunakan kombinasi tekstur dan bentuk.  Kemampuan ini sangat penting dalam menjembatani kesenjangan antara lukisan tradisional dan digital.

Lukisan digital tumbuh subur terutama dalam seni produksi. Hal ini paling banyak digunakan dalam desain konseptual untuk game film, televisi dan video. Digital Painting software seperti Corel Painter, Adobe Photoshop, ArtRage, GIMP, dan openCanvas memberikan seniman lingkungan yang mirip dengan pelukis fisik: sebuah kanvas, alat lukis, pencampuran palet, dan banyak pilihan warna. Ada berbagai jenis lukisan digital, termasuk impresionisme , realisme, dan cat air. Ada kelebihan dan kekurangannya dari lukisan digital. Lukisan digital memungkinkan seniman kemudahan bekerja di lingkungan yang terorganisir kacau-bebas, beberapa pihak berpendapat akan selalu ada kontrol yang lebih besar bagi seorang artis memegang kuas fisik di tangan mereka. Beberapa seniman percaya ada sesuatu yang hilang dari lukisan digital, seperti karakter yang unik untuk setiap objek fisik dibuat. Banyak seniman yang mengirim komentar dalam beberapa blog mengenai berbagai perbedaan antara menciptakan karya-karya digital dan menciptakan karya seni tradisional.

Perbandingan Dengan Lukisan Tradisional

Perbedaan utama antara lukisan digital dan tradisional adalah proses non-linear. Artinya, seorang seniman seringkali dapat mengatur lukisan mereka dalam lapisan yang dapat diedit secara independen. Juga, kemampuan untuk membatalkan dan mengulang stroke membebaskan seniman dari suatu proses linear. Tapi lukisan digital memiliki keterbatasan dalam bagaimana menggunakan teknik pada seorang pelukis tradisional karena perbedaan permukaan dan kekurangan fisik. Para seniman digital memiliki pada beberapa kelengkapan tool yang tidak tersedia bagi pelukis tradisional. Beberapa di antaranya: palet virtual yang terdiri dari jutaan warna, hampir semua ukuran kanvas atau media, dan kemampuan untuk mengambil kembali kesalahan, serta penghapus, pensil, kaleng semprot, kuas, sisir, dan berbagai tool efek 2D dan 3D. Sebuah tablet grafis memungkinkan seniman untuk bekerja dengan gerakan tangan yang tepat mensimulasikan pena nyata dan gambar permukaan. Alih-alih sebuah kanvas atau sketsa, seniman akan menggunakan mouse atau tablet untuk menampilkan stroke yang akan muncul dengan sentuhan pena ke permukaan tablet, atau klik pena. Tablet dapat merespon tekanan dengan sensitif, yang memungkinkan seniman untuk memvariasikan intensitas media yang dipilih di layar. Bahkan ada tablet dengan lebih dari dua ribu berbagai tingkat sensitivitas tekanan.

Sejarah Perkembangan Lukisan Digital

Sketchpad


Program manipulasi grafis paling awal disebut Sketchpad. Dibuat pada tahun 1963 oleh Ivan Sutherland , seorang mahasiswa pascasarjana di MIT, Sketchpad memungkinkan pengguna untuk memanipulasi obyek pada sebuah CRT (Cathode Ray Tube). Tablet Lainnya awal, atau digitizers, seperti ID (digitizer cerdas) dan BitPad yang sukses secara komersial dan digunakan dalam CAD (Computer Aided Design) program. Tablet modern adalah alat pilihan oleh pelukis digital. WACOM adalah pemimpin industri dalam tablet yang dapat berbagai ukuran dari 4"x 6" hingga ke 12"x19" dan tebal kurang dari satu inci. Banyak seniman lebih suka menggunakan tablet grafis untuk membuat lukisan digital daripada menggunakan mouse.

Tablets

Ide menggunakan tablet untuk berkomunikasi arah ke komputer telah ide sejak tahun 1968 ketika RAND perusahaan dari Santa Monica, mengembangkan sebuah tablet yang digunakan untuk program. Digitizers telah dipopulerkan pada pertengahan 1970-an dan awal 1980-an oleh keberhasilan komersial ID (Intelligent Digitizer) dan BitPad diproduksi oleh Summagraphics Corp digitizers ini digunakan sebagai perangkat input untuk banyak high-end CAD (Computer Aided Design) sistem serta dibundel dengan PC berbasis software CAD seperti AutoCAD .

MacPaint

Program komersial pertama yang memungkinkan pengguna untuk merancang, menggambar, dan memanipulasi objek adalah program MacPaint. Versi pertama program ini diperkenalkan pada tanggal 22 Januari 1984 tentang Apple Lisa. Versi awal dari program dipanggil MacSketch dan LisaSketch, dan versi terakhir adalah MacPaint MacPaint 2.0 dirilis pada tahun 1998. Sebagian besar keberhasilan's MacPaint ini disebabkan oleh rilis dari komputer Macintosh yang pertama yang dilengkapi dengan satu program lain yang disebut MacWrite. Itu adalah komputer pribadi pertama dengan antarmuka pengguna grafis dan kehilangan banyak dari ukuran besar dari pendahulunya, Lisa. Macintosh tersedia di sekitar $ 2500 dan kombinasi dari desain yang lebih kecil membuat komputer hit, mengungkapkan rata-rata pengguna komputer kemungkinan grafis dari MacPaint disertakan.

Adobe

Program yang lain adalah Adobe Photoshop. Awalnya dibuat pada tahun 1987 oleh Thomas Knoll di University of Michigan sebagai program menampilkan gambar monokrom. Dengan bantuan dari saudaranya Yohanes, program ini berubah menjadi program editing gambar yang disebut ImagePro, tetapi kemudian berubah menjadi Photoshop. Terjadi kesepakatan antara sistem Adobe dan Apple, dan Photoshop 1.0 dirilis pada tahun 1991 untuk Macintosh. Adobe sistem sebelumnya rilis Adobe Illustrator 1.0 pada tahun 1986 di Apple Macintosh. Saat ini Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator adalah program populer yang digunakan dalam produksi lukisan digital. Ilustrator memperkenalkan penggunaan kurva Bezier yang memungkinkan pengguna untuk menjadi sangat rinci dalam mereka gambar vektor .

Kid Pix

Pada tahun 1988, Craig Hickman menciptakan program yang disebut Kid Pix, yang membuatnya lebih mudah untuk anak-anak untuk menggunakan MacPaint. Program ini awalnya dibuat dalam hitam putih, dan setelah beberapa revisi dirilis dalam warna pada tahun 1991. Kid Pix adalah salah satu program komersial pertama untuk mengintegrasikan warna dan suara dalam format kreatif. Sementara Kid Pix sengaja dibuat untuk anak-anak, itu menjadi alat yang berguna untuk memperkenalkan orang dewasa untuk komputer juga.

On line Painting Programs

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi pertumbuhan di website yang mendukung lukisan digital online. Antara lain munculnya Sumo Paint dan Queeky . Pengguna masih menggambar digital dengan menggunakan perangkat lunak, tetapi perangkat lunak pada server situs web yang sedang digunakan. Rentang alat dan kuas biasanya lebih terbatas daripada perangkat lunak yang berdiri bebas. Namun kecepatan respon, kualitas warna dan kemampuan untuk menyimpan ke file atau mencetak sama baiknya.

Menampilkan Lukisan Digital

Lukisan digital memiliki fleksibilitas yang baik untuk di-upload ke internet untuk sekedar dilihat atau hanya dicetak langsung di atas kertas untuk ditampilkan. Salah satu website yang menampilkan lukisan digital adalah deviantart. Lukisan digital memiliki dampak besar pada kecepatan lukisan. Tutorial cara membual lukisan digital ada banyak di Internet sehingga siapapun dapat mempelajarinya. Anda berminat?

Berikut adalah salah satu contoh proses melukis digital dari youtube.com

Share:

Total Tayangan

Postingan Populer

Mini Set Top Box TV Digital

Set Alat Pel Lantai

HIJAB SEGITIGA INSTAN JERSEY

MY INSTAGRAM